Tips Jitu Jadi Guru atau Siswa yang Asik

Februari 20, 2022


Judul Buku : Ketika Guru dan Siswa Saling 2ercermin.
Pengarang Buku : Husni Mubarak.
Penerbit Buku : PT Elex Media Komputindo.
Kota Terbit : Jakarta.
Tahun Terbit : 2017.
Tebal Buku : 182 halaman.


Tips Jitu Jadi Guru atau Siswa yang Asik

Buku ini sengaja dibuat untuk membantu pun memenuhi kebutuhan guru dan siswa, agar keduanya bisa berkesinambungan menjadi  sesuatu yang memang diharapkan dari masing-masing peran.

Buku terdapat dua bagian, bagian pertama mengupas bagaimana menjadi guru yang pantas digugu dan ditiru kepribadiannya serta selalu diharapkan mengisi hari-hari para siswa tanpa jemu. Bagian kedua, membahas tentang bagaimana peran siswa, agar menjadi kebanggaan, dicintai oleh sang guru dan pastinya bisa meraih kebermanfaatan ilmu sepanjang hayat.

Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa, peran guru sangatlah penting untuk kehidupan yang lebih baik dari suatu negara. Menjadi guru yang baik ternyata tidaklah mudah, kesabaran merupakan kunci utama dalam mendidik ataupun mengajarkan materi sesuai kurikulum yang berlaku.

Segala tindak tanduk sang guru menjadi tolak ukur keberhasilan siswa. Sebab pada kenyataannya, anak cenderung meniru dan mencontoh perilaku orang yang lebih dewasa. Guru hebat itu bukanlah yang menguasai bahan ajar dan selalu brilian menjawab pertanyaan siswa, tapi guru hebat adalah ia senantiasa sabar, dan mampu menyelesaikan segala permasalahan dalam pembelajaran yang berkaitan dengan siswa,  menggunakan tolak ukur tertentu yang penuh tanggungjawab. Bukan menyalahkan siswa dan mendoktrin mereka dalam hal negatif.

Siswa juga memiliki peran penting menuju peradaban yang gemilang. Sudah sepatutnya belajar dengan penuh kesaadaran bahwa mereka hanyalah anak yang perlu didikan. Mereka tidak hanya dituntut bisa menerima materi yang diajarkan tapi juga memperbaiki karakter agar lebih menjadi lebih baik dan kelak diterima di masyarakat sebagai manusia berguna.

Secara umum, buku ini berisi tuntunan menjadi seorang guru dan siswa sebagaimana mestinya. Bagaimana menghadapi siswa yang dikenal nakal? Atau bagaimana cara bersikap pada guru agar tidak menyakiti perasaannya?

Semuanya bermuara pada nasehat sederhana yang dikemas menjadi potongan-potongan cerita pendek. Dengan membaca buku ini, saya dapat merenungkan mana yang seharusnya dilakukan dan tidak dilakukan saat menjadi tenaga pendidik di sekolah maupun di luar sekolah. Buku ini menjadi moodbooster untuk memperbaiki diri.

“Menyebut anak bodoh dan nakal, sama halnya mencaci dan menghina anak. Ucapan ini dapat menjatuhkan mental an harga diri anak, mereka akan merasa sebagai anak yang tidak berguna, rendah dan tidak punya kemampuan apapun. Dalam jangka panjang, perasaan ini dapat berakibat pada hilangnya kepercayaan diri, ketidakmampuan dalam mengembangkan potensi dan selamanya menilai dirinya lemah” 

Di atas merupakan salah satu kutipan dari sang penulis, dan itu menjadi cambukan supaya senatiasa menjaga lisan juga hati, melapangkan sabar meski si anak menjengkelkan kuadrat. 

Saya sarankan teman-teman para guru ataupun yang berstatus siswa membaca buku ini, untuk merefleksi diri supaya berkeinginan kuat memperbaiki kesalahan menjadi lebih baik lagi. Menjadi lakon dalam peran masing-masing sebagaimana mestinya, seperti yang diharapkan satu sama lain.


Kelebihan Buku

Bisa menjadi acuan para guru untuk memperbaiki metode pembelajaran agar tidak membosankan, dan merubah kesalahan supaya tidak terulang kedua kalinya.

Menjadi tips para siswa agar menjadi siswa yang asik penuh spirit.

Bahasa buku ini mudah sekali dipahami, banyak kata-kata motivasi. 


Kekurangan Buku

Tulisan pada buku ini berwarna biru tua dan menggunakan kertas koran  yang berwarna kekuningan. Buku ini tidak hitam putih, juga tidak terdapat gambar atau ilustrasi, sehingga bagi pembaca penggemar komik, tentu sangat membosankan. Kata-kata dalam buku ini juga sering ditulis berulang.



Buku ini ada di toko buku Gramedia. Saya mau tau deh, siapa aja yang suka jajan buku dan rela bayar mahal? Kapan-kapan jalan sama saya ke toko buku, ya ....



#reviewbuku

#gramedia

#penerbitmayor

#demoistar

Halo, saya De Moi, seorang blogger pemula dan penulis di platform online.

Previous
Next Post »

4 komentar:


EmoticonEmoticon